Sabtu, 05 September 2015

Brownies Panggang


+

    Bahan-bahan

    375 grGula Putih
    170 grmentega/margarin, lelehkan
    2 butirtelur (ukuran besar) suhu ruang
    2 sdmair
    2 sdtVanilla essens
    200 grtepung terigu serbaguna (protein sedang)
    115 grcoklat bubuk
    1/2 sdtbaking powder
    1/4 sdtgaram
    sesuai seleraAlmond/pistachio/walnut cincang kasar
    +

      Langkah

      1. Panaskan oven pada suhu 180°C.
        +
        • Siapkan loyang untuk memanggang (saya pakai loyang persegi +/- 20x20 cm), olesi loyang dengan sedikit olive oil atau mentega atau boleh juga menggunakan 'baking paper', agar mudah melepaskan brownies yang sudah matang dari loyang.
          +
          • Di mangkok/mixing bowl berukuran sedang, campurkan gula pasir, mentega cair, telur, essens vanila, & air. Hati2 dengan suhu mentega leleh, jangan terlalu panas agar telur tidak menggumpal saat dicampurkan. Aduk rata dengan spatula sampai semua bahan tercampur rata.
            +
            • Di mangkuk/mixing bowl lain (ukuran agak besar), ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Tambahkan garam ke bahan yang telah diayak
              +
              • Campurkan adonan (3) dan adonan (4) aduk perlahan dengan spatula hingga rata sehingga seluruh adonan berwarna coklat gelap dan terlihat mengkilap. Aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan tepung yang berwarna putih.
                +
                • Campurkan almond/walnut kedalam adonan (boleh disisakan sedikit untuk topping) aduk rata.
                  +
                  • Transfer adonan ke loyang yang telah disiapkan, ratakan sambil ketuk2 loyang ke atas meja/kitchen bench hingga adonan tersebar merata di loyang
                    +
                    • Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Pastikan oven sudah mencapai suhu 180°C, panggang kue selama 18 hingga 25 menit. Cek dengan menggunakan tusuk gigi, tusukkan ke tengah2 loyang, brownies sudah matang apabila adonan tidak banyak menempel di tusuk gigi.
                      +
                      • Catatan: 
                        - Topping dapat menggunakan apa saja sesuai selera. Kadang saya memanggang brownies polos (tanpa kacang/isian lain) dan hanya di beri topping gula halus yang diayak tipis setelah brownies cukup dingin 
                        - bubuk coklat dapat diganti dengan coklat masak yang dilelehkan 
                        - waktu memanggang berkisar 18-25 menit, tergantung selera anda lebih suka brownies yg agak kering atau lembut (moist). Saya biasa memanggang selama 20 menit untuk brownies yang 'moist'. 
                        - setelah memanggang, keluarkan brownies dan pindahkan ke rak pendingin kue (5-10 menit). Agar brownies tidak menempel di pisau, Pastikan brownies sudah cukup dingin sebelum anda memotongnya. Happy baking ;)

                      Tidak ada komentar:

                      Posting Komentar